selamat datang di blog putri

Rabu, 31 Oktober 2012

MAKNA SUMPAH PEMUDA

Sumpah Pemuda
1. Kami Putra dan Putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia.
2. Kami Putra dan Putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia. 
3. Kami Putra dan Putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

       Demikian itulah isi dari Sumpah Pemuda yang sudah disempurnakan ejaannya, dimana semua perubahan negeri ini banyak dipengaruhi oleh perjuangan para pemuda Indonesia. Makna sumpah pemuda bagi saya yaitu bukti bahwa para pemuda Indonesia memiliki semangat yang tinggi dalam upaya memperbaiki negaranya dalam segala hal yang menyangkut kehidupan bernegara untuk kedepannya. Perjuangan dan semangat-semangat baru yang dikobarkan para pemuda ini muncul di tengah-tengah penjajahan di Indonesia. 
       Dengan tujuan agar Indonesia mendapatkan kebebasan dan kemerdekaan normal sepenuhnya, mencapai cita-cita negara Indonesia yang berdaulat, mencapai kesatuan nasional dan unggul di antara bangsa-bangsa lainnya dalam segala hal. Berbagai peristiwa mewarnai perjuangan para pemuda untuk mendapatkan kemerdekaan Indonesia dengan rela berkorban dan bertumpah darah hanya untuk ikut membela tanah air Indonesia dari penjajah yang ingin selamanya menguasai Indonesia. Sungguh hebat dan luar biasa perjuangan para pemuda pada saat itu sehingga kita sekarang dapat menikmati hidup yang bebas tanpa dijajah oleh negara manapun. 
       Kini, kita sebagai generasi penerus bangsa perlu merenungi kembali makna sumpah pemuda dengan jiwa dan semangat kebangsaan serta keinginan bersatu yang tinggi. Kita sebagai pelajar punya berbagai cara untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia salah satunya dengan belajar. Karena dari belajar kita dapat mengetahui ilmu-ilmu yang tidak kita ketahui sebelumnya dan bisa kita jadikan acuan untuk bisa hidup lebih maju lagi di tahun-tahun kedepannya. 
       Namun, pada kenyataannya sekarang banyak kaum muda yang masih mencoreng dirinya sendiri sebagai generasi penerus bangsa sebagai sosok yang tidak berguna dengan pergaulan yang dilarang agama dan hukum seperti pecandu narkoba dan bertindak semaunya tanpa berifikir rasional. Banyak alasan yang mereka kemukakan sebagai pembelaan diri, tetapi sebagai kaum pemuda yang menjadi harapan bangsa harus selalu melihat kedepan dengan segala kemampuanya berusaha dengan sebaik mungkin dan menjadi kebanggaan baik didalam keluarga atau masyarakat, juga mengabdi kepada agama dan bangsa.
       Demokrasi yang kita jalani sekarang bisa memberikan dampak positif dan negatif, apabila tak diikuti  dengan kesadaran semangat kebangsaan yang tinggi, tentu saja demokratisasi tidak membuat kita terpecah. Semangat dan jiwa sumpah pemuda perlu dikobarkan kembali dalam jiwa kaum pemuda seperti kita sekarang. Masa depan bangsa ini terletak pada etos kerja dan semangat kaum muda. Dalam sejarah bangsa, kaum muda tetap menduduki posisi penting pada setiap perubahan. Gelora dan semangat kaum muda dituntut mulai dari sekarang dengan tujuan memperbaiki kondisi ekonomi bangsa dan mensejahterakan rakyat Indonesia. Terus berjayalah, bangkit dan berjuanglah Pemuda Pemudi Indonesia! Semoga bangsa Indonesia bisa menjadi lebih baik lagi di tahun yang akan datang! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar